Kenapa Merasa Takut Bicara Di Depan Orang?

Berbicara sudah menjadi kegiatan yang setiap hari dilakukan, tetapi kalau bicaranya di depan umum pastinya itu jarang sekali terjadi. Ada banyak sekali masyarakat yang merasa takut untuk berbicara dengan banyak orang, ada banyak sekali hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Salah satunya adalah tidak percaya diri dengan kemampuannya sendiri dan menganggap orang yang mendengarkan waktu bicara itu kemampuannya lebih hebat.

7 Cara Supaya Berani Bicara

Setiap orang pastinya ada waktunya berbicara dengan banyak orang, misalnya sedang mempresentasikan tugas sekolah atau mempresentasikan proyek pekerjaan. Jika bicaranya saja tidak berani mana bisa mendapatkan nilai yang bagus atau bisa memenangkan proyek.

Agar tidak seperti itu maka harus lebih berani lagi untuk berbicara, agar tidak takut lagi bisa mempraktikkan cara-cara di bawah ini saja.

  • Rajin Berlatih

Kalau akan bicara di hadapan orang banyak maka harus menyiapkan materi dulu, agar tidak terbata-bata waktu menyampaikan materi tersebut maka harus rajin berlatih. Saat berlatih jangan sendirian tetapi minta bantuan keluarga atau teman agar menjadi pendengar atau audience. Selain itu minta juga kritik dan saran dari teman setelah selesai menyampaikan materi tersebut, dengan rutin melakukan itu semua pasti akan sukses waktu menjelaskan materinya.

  • Menjadi Diri Sendiri

Pastikan kalau berbicara itu jangan meniru orang lain, tetapi jadilah diri sendiri dan gunakan gaya bahasa sendiri. Jika meniru orang lain pasti akan ada beban yang dirasakan karena harus mirip dengan orang yang ditiru.

Hal tersebut juga akan mempengaruhi penilaian pendengar karena tidak berbicara dengan gayanya sendiri. Jadi lebih baik santai saja waktu membacakan materi saja dan bangun hubungan dengan audiens saja.

  • Mempersiapkan Semua Keperluan Presentasi

Kalau mendapatkan tugas untuk memberikan informasi kepada orang banyak pastinya yang penting adalah mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan untuk presentasi. Sebab kalau sampai ada yang kurang pasti presentasi akan gagal dan ini akan menyebabkan rasa percaya diri akan berkurang dan tidak berani lagi bicara di depan khalayak umum.

Jadi ada baiknya kalau mempersiapkan bahan, alat peraga dan juga audio terlebih dulu agar tidak bingung nantinya waktu presentasi.

  • Melawan Rasa Malu

Penyebab utama tidak berani bicara adalah merasa malu, kalau masih tetap malu berbicara dengan satu orang saja tidak mungkin akan bisa apalagi dengan orang yang banyak. Maka dari itu harus bisa melawan rasa malu, untuk caranya adalah dengan menganggap semua orang yang akan mendengarkan waktu berbicara adalah teman sendiri.

Kalau bicara dengan teman pastinya tidak malu karena sudah sering bertemu dan jangan lupa juga untuk melatih terus gaya bicaranya agar tidak canggung waktu berbicara.

  • Berpikir Positif

Seringnya kalau melakukan presentasi pasti merasa takut kalau presentasinya itu gagal, pemikiran seperti itulah yang membuat takut. Jadi ada baiknya kalau menghilangkan pikiran negatif dan lebih berpikir positif, seperti percaya kalau nantinya presentasi akan sukses. Dengan punya pikiran seperti itu pasti presentasi akan berjalan dengan lancar dan nantinya kalau harus presentasi lagi tidak takut karena sudah pernah melakukan dengan benar.

  • Sering Mengikuti Seminar

Agar berani salah satu cara yang dapat dicoba adalah dengan ikut seminar, kalau ikut seminar jangan takut mengajukan pertanyaan pada pembicara. Dengan menjadi audiens pastinya akan tahu juga rasanya jadi pembicara, jadi nanti kalau memperoleh kesempatan jadi pembicara sudah paham tugas pembicara apa saja.

  • Fokus Dengan Materi

Kalau pertama kali presentasi pastinya akan takut sekali karena melihat banyak sekali audiens, agar tidak merasa seperti itu maka jangan terlalu fokus pada audiens. Tetapi lebih baik fokus pada materi yang dibawakan saja, dengan fokus membawakan materi pastinya tidak terpengaruh dengan tatapan audiens. Selain itu kalau ada yang bertanya juga akan langsung bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Kendala Yang Terjadi Saat Berbicara Di Depan Banyak Orang

Melakukan presentasi atau berbicara di muka umum tidak selalu berjalan sesuai dengan harapan, kadang malah gagal total dan jadi bahan tertawaan orang banyak. Kegagalan tersebut terjadi karena adanya kendala yang terjadi saat proses presentasi tersebut. Contohnya saja adalah peralatan yang tidak memadai seperti peralatan audio yang tidak bagus.

Kalau peralatan audionya saja jelek pasti akan sulit menyampaikan materi karena akan banyak orang yang tidak mendengar apa yang sedang disampaikan. Agar kendala atau masalah tersebut tidak sampai terjadi maka sebelum akan presentasi baiknya cek dulu semua peralatan yang akan digunakan agar nantinya presentasi bisa sukses.

Jika memang terjadi kendala lebih baik tetap tenang dan tetap melanjutkan presentasi. Dengan begitu pendengar pasti akan tetap fokus mendengarkan dan tidak akan bingung tetapi kalau panik malah akan membuat pendengar meninggalkan ruangan presentasi.

Share Button