Cara Mudah Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

Punya modal sedikit bukan berarti tidak bisa memulai sebuah bisnis, sebab ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Jadi kalau punya modal tidak terlalu banyak maka yang perlu dilakukan adalah mencari bisnis apakah yang kira-kira akan berjalan dengan modal tersebut. Kalau mau untung besar dari modal tersebut baiknya coba bisnis yang tidak membutuhkan tempat seperti berjualan online.

Trik Jitu Mengembangkan Bisnis Kecil Supaya Besar

Kalau punya bisnis kecil-kecilan jangan malu karena bisnis kecil bisa jadi besar. Banyak pengusaha yang punya perusahaan besar awalnya itu hanya punya bisnis kecil, tetapi karena berusaha keras bisnisnya bisa jadi besar. Sebenarnya mengembangkan sebuah bisnis agar sukses tidaklah sulit sebab ada triknya, untuk trik tersebut sudah dijelaskan di bawah ini.

  • Modal Jangan Terlalu Besar

Menjalankan bisnis pasti butuh modal, tetapi kalau mau sukses modalnya jangan terlalu banyak. Kalau modal sampai terlalu banyak pasti kalau rugi juga akan banyak sekali, makanya para pemula tidak boleh sampai menyiapkan modal besar untuk menjalankan bisnisnya.

Modal nantinya akan bertambah dengan sendirinya seiring berjalannya usaha tersebut, jadi jangan punya pikiran kalau modal besar keuntungan juga akan besar. Agar modal selalu bertambah maka harus selalu menaikkan target setiap harinya, jadi target per hari jangan sama terus.

  • Melakukan Inovasi Baru

Pebisnis tidak boleh menjual produk yang sama secara terus menerus, harus ada inovasi produk sebab kalau hanya jual produk itu-itu saja pasti konsumen tidak mau membeli produknya lagi. tetapi kalau menawarkan inovasi produk, konsumen lama jadi tetap menjadi konsumen dan bisa mendapatkan konsumen baru.

Untuk perubahan atau inovasi tidak harus yang besar bisa perubahan yang kecil saja seperti merubah kemasan produk. Dari perubahan tersebut konsumen pasti akan lebih tertarik untuk membeli produk.

  • Memberikan Promo Menarik

Untuk mengembangkan sebuah bisnis tidak akan berhasil kalau tidak memberikan promo pada konsumen, sebab kebanyakan masyarakat Indonesia itu lebih memilih membeli produk yang ada promonya. Agar tidak rugi maka promo yang ditawarkan pada konsumen jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sering juga, minimal dalam sebulan memberikan mengadakan promo satu kali saja. Untuk contoh promonya bisa dengan memberikan diskon setiap pembelian lebih dari dua produk.

  • Memberikan Layanan Memuaskan

Selain memberikan promo juga harus memperhatikan layanan pada konsumen, sebab kalau harga produk sudah murah tetapi layanan sama sekali tidak memuaskan pasti konsumen akan kabur. Jika layanan memuaskan, meskipun produknya agak mahal pasti produknya tetap laku. Contoh layanan yang harus diberikan adalah memberikan informasi seputar produk pada konsumen.

Kendala Yang Dihadapi Pengusaha Kecil-Kecilan

Menjalankan bisnis memang tidak mudah, ada saja kendala yang akan dihadapi selama menjalankan bisnis tersebut. apalagi kalau bisnis yang dijalankan adalah bisnis kecil-kecilan, ada beberapa kendala yang umumnya akan dirasakan oleh pengusaha.

Kendala yang pertama adalah sulit mendapatkan konsumen, kalau kendalanya seperti itu tinggal lebih giat lagi mempromosikan produk saja pasti cepat dapat konsumen. Kendala kedua adalah sulit memperoleh keuntungan besar, memang kalau bisnisnya kecil pasti keuntungannya juga akan kecil.

Agar keuntungan terus meningkat maka tingkatkan saja pelayanan saja, dengan melakukan itu pasti yang membeli produk akan semakin banyak. Jika sudah seperti itu keuntungan pasti akan meningkat besar jadi jangan pernah menyerah meskipun nantinya ada kendala waktu berbisnis.

Share Button