6 Ide Daur Ulang yang Menghasilkan Uang

Daur ulang saat ini harus dilakukan karena cara inilah yang bisa membuat barang bekas bisa dipakai kembali. Selain itu kalau mendaur ulang juga akan mengurangi pencemaran karena adanya sampah yang menumpuk dan dibuang secara sembarangan.

Sampah-sampah tersebut kalau dimanfaatkan bukan saja akan melindungi lingkungan tetapi bisa juga menghasilkan uang. Ada banyak ide daur ulang yang dapat dicoba di Anakdosen.com dan berikut ulasannya.

Ide-Ide Daur Ulang Yang Bisa Dicoba

Saat ini mencari uang memang agak sulit karena untuk mendapatkan pekerjaan juga tidak mudah, tetapi kalau memang ada usaha dan kemampuan maka uang tetap bisa diperoleh. Caranya dengan mendaur ulang barang-barang bekas menjadi barang yang bisa dipakai sehari-hari. Dengan menjual barang tersebutlah uang bisa diperoleh, ada beberapa barang yang bisa dibuat dari barang bekas dan berikut daftarnya.

  • Tirai Cantik

Kalau ruangan dalam rumah masih ada yang tidak ada gordennya maka jangan langsung membeli gorden tetapi bisa membuatnya dari bahan daur ulang. Ada banyak bahan yang bisa digunakan seperti kertas koran, tali, botol plastik, lem, cat air dan juga gunting.

Untuk cara membuatnya adalah dengan memotong koran dan juga botol dan ukurannya harus sama. Rekatkan koran dan botol kemudian warnai dengan cat air, setelah itu ikat dengan tali dan bisa gantung tirainya di ruangan rumah.

  • Terompet Dari Botol Bekas

Kalau ingin merayakan ulang tahun atau tahun baru pasti harus ada terompet, terompet ini tidak harus beli karena bisa membuatnya sendiri. Untuk caranya siapkan botol bekas yang besar, balon, selotip, koran dan juga karet gelang.

Setelah siap semuanya tinggal potong saja botolnya di bagian tengah, setelah itu pakai balon untuk menutup lubang botol supaya tidak ada udara yang masuk. Setelah itu tinggal ikat saja balon tersebut agar tidak lepas, semakin erat ikatan maka semakin keras suara terompetnya. Kalau masih bingung bisa lihat cara pembuatannya di Anakdosen.com.

  • Dudukan Charger Handphone

Masalah yang paling sering dihadapi adalah waktu mengisi baterai Hp, soketnya terlalu tinggi dan tidak ada dudukan untuk meletakan Hp. Untuk mengatasi masalah seperti itu maka bisa pakai botol sampo yang sudah tidak terpakai saja untuk dijadikan dudukan pengisi daya ponsel.

Untuk bahan lainnya yang perlu disiapkan adalah spidol, amplas dan juga pisau. Pertama gunakan spidol untuk menggambar bentuk dan juga ukuran yang sesuai dengan Hp, kemudian tinggal potong saja botol samponya dan haluskan dengan amplas barulah dudukan Hp jadi.

  • Celengan Dari Botol Plastik

Produk daur ulang yang sangat mudah dibuat yaitu celengan yang terbuat dari botol plastik. Kalau ingin punya celengan ini tinggal siapkan saja botol bekas, lem, vial dan juga gunting. Cara pembuatannya tinggal potong saja botolnya dengan ukuran yang sama, kemudian gabungkan bagian boto yang kecil dan besar. Potong bagian atas botol untuk lubang memasukkan uang, pastikan ukuran lubangnya tepat agar lebih menarik bisa warnai botol dengan cat.

  • Tas Belanja

Saat ini tas belanja dari plastik sudah tidak diperbolehkan digunakan, jadi harus ganti tas tersebut dengan tas yang lebih ramah lingkungan. Contohnya saja tas belanja dari sampah-sampah koran jadi tidak harus pakai plastik yang tidak bisa didaur ulang, jadi sampah tersebut tidak menjadi limbah tetapi menjadi produk yang berguna.

Kalau mau buat tas tersebut maka tinggal siapkan dulu lem, gunting, karton bekas, tali dan pastinya koran. Pertama tinggal lipat koran dan potong koran dengan bentuk persegi, setelah itu gabungkan korannya dan oleskan lem. Kalau bentuknya sudah seperti tas tinggal tambahkan karton sebagai alas tas dan berikan tali agar mudah dibawa.

  • Tempat Serba Guna

Kalau punya banyak botol bekas maka bisa memanfaatkan botol tersebut untuk jadi tempat menyimpan berbagai barang. Untuk bisa membuat tempat penyimpanan tersebut maka potong dulu botolnya menjadi dua bagian. Setelah itu tinggal cat saja botolnya agar menjadi menarik, untuk ukuran botolnya bisa sesuaikan dengan keperluan saja.

Kendala Saat Melakukan Daur Ulang

Daur ulang memang harus dilakukan karena dengan kegiatan inilah yang akan membuat bumi lebih bersih lagi, tetapi untuk bisa melalukan kegiatan tersebut banyak sekali kendala yang dihadapi di lapangan. Contohnya saja adalah kesadaran masyarakat yang masih rendah akan pentingnya daur ulang ini, kebanyakan masyarakat tidak mengumpulkan sampah yang bisa didaur ulang tetapi malah membuang di sungai.

Selain itu banyak juga sampah daur ulang yang kondisinya sudah tidak bagus karena dibakar oleh masyarakat, padahal kalau sampah yang tidak bisa terurai itu akan menjadi limbah jika dibakar. Baiknya kalau punya sampah seperti itu dikumpulkan saja dan bisa dijual agar dapat uang atau bisa dijadikan kerajinan saja. Kalau mau tahu pentingnya daur ulang ini bisa akses Anakdosen.com saja.

Share Button